Potensi Desa Tamidung


Kegiatan perekonomian suatu Desa pada dasarnya bergantung dari aktivitas penduduk yang berkaitan dengan mata pencahariannya di wilayah tersebut. Kegiatan penduduk Desa Tamidung sebagian besar adalah perkebunan namun ada pula di bidang peternakan. Kegiatan-kegiatan tersebut di bagi menjadi beberapa sektor yaitu :
1.      Kegiatan perkebunan buah-buahan seperti pisang, kelapa, dan siwalan
2.      Kegiatan peternakan ( Bebek )

          Sosial dan budaya

Kondisi sosial dan budaya cukup baik, karena menggunakan sistem lama. Cara hubungan antara yang satu dengan yang lain sangat erat, mereka kental dengan budaya lama, misalkan budaya gotong royong dalam berbagai apapun. Lihat saja dalam pembuatan rumah masyarakat tamidung hanya sedikit saja yang menggunakan para pekerja bayaran, yang banyak adalah tetangga-tetangga ikut membantu secara meramaikan penyelesaian pembuatan rumah tersebut.
Dalam hal Agama masyarakat Tamidung kental dengan agama lama, meskipun dapat dikatakan 99% masyarakat Tamidung beragama Islam. Akan tetapi mereka tidak meninggalkan budaya-budaya peninggalan nenek moyang sebelum Islam menyebar di Madura. Akan tetapi merekan mengganti dengan spirit keislaman. Misalkan dalam ritual-ritual di isi dengan tahlilan.



Pisang

Pisang adalah jenis buah-buahan yang cukup digemari di Indonesia karena rasanya enak, kandungan gizi yang tinggi harganya relatif murah dan mudah didapatkan dimana saja. Desa Tamidung mempunyai potensi sumber daya lahan yang cukup besar untuk pengembangan pisang. Jika buah pisang dikelola lebih lanjut, maka akan meningkatkan pendapatan serta prospek cerah dalam pengembangan pisang di Desa Tamidung. 
   Siwalan

Pohon siwalan banyak tumbuh dan berkembang di pulau Madura, masyarakat setempat memanfaatkan pohon tersebut hanya sebatas yang mereka bisa (turun temurun). Sampai saat ini pemanfaatan dari buah siwalan dan airnya hanya dikelola sebatas olahan mentah saja dan berupa gula aren
     Kelapa

Kelapa merupakan komoditas strategis yang memiiki peran sosial dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Pemanfaatan tanaman kelapa tidak saja terletak pada daging buahnya yang dapat diolah menjadi santan dan minyak kelapa, tetapi seluruh bagian tanaman kelapa mempunyai manfaat yang besar. Limbah kelapa juga dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti tempurung kelapa, serabut kelapa dan daun kelapa.
  Singkong

Singkong menjadi salah satu tanaman adaptif dalam kondisi lahan kering berkapur, sehingga singkong dapat menjadi salah satu potensi komoditas untuk menyokong perekonomian masyarakat Madura. Singkong merupakan tanaman rakyat yang dapat dikatakan sebagai makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakat Indonesia. Potensi dari tanaman singkong ini sangat beraneka ragam dan yang pasti kaya akan manfaat. Bila digunakan sebagai panganan dapat diolah menjadi kripik, seperti halnya di desa Tamidung yang memanfaatkan singkong yang dijadikan olahan kripik dengan varian rasa jagung yang banyak digemari oleh masyarakat sekitar. 
Newest
Previous
Next Post »